Selasa, 04 Oktober 2011

Teori Bahasa

•Teori bahasa membicarakan bahasa formal (formal language), terutama untuk kepentingan perancangan kompilator (compiler) dan pemroses naskah (text processor).
•Bahasa formal adalah kumpulan kalimat. Semua kalimat dalam sebuah bahasa dibangkitkan oleh sebuah tata bahasa (grammar) yang sama.
•Sebuah bahasa formal bisa dibangkitkan oleh dua atau lebih tata bahasa berbeda.
•Dikatakan bahasa formal karena grammar diciptakan mendahului pembangkitan setiap kalimatnya.
•Bahasa Natural/manusia bersifat sebaliknya; grammar diciptakan untuk meresmikan kata-kata yang hidup di masyarakat. Dalam pembicaraan selanjutnya ‘bahasa formal’ akan disebut ‘bahasa’ saja.

Otomata (Automata)
•Otomata adalah mesin abstrak yang dapat mengenali (recognize), menerima (accept), atau membangkitkan (generate) sebuah kalimat dalam bahasa tertentu.

Beberapa Pengertian Dasar :
•Simbol adalah sebuah entitas abstrak (seperti halnya pengertian titik dalam geometri). Sebuah huruf atau sebuah angka adalah contoh simbol.
•String adalah deretan terbatas (finite) simbol-simbol. Sebagai contoh, jika a, b, dan c adalah tiga buah simbol maka abcb adalah sebuah string yang dibangun dari ketiga simbol tersebut.
= 4.w dan didefinisikan sebagai cacahan (banyaknya) simbol yang menyusun string tersebut. Sebagai contoh, jika w = abcb maka w•Jika w adalah sebuah string maka panjang string dinyatakan sebagai
= 0. String hampa dapat dipandang sebagai simbol hampa karena keduanya tersusun dari nol buah simbol. (atau ^) sehingga •String hampa adalah sebuah string dengan nol buah simbol. String hampa dinyatakan dengan simbol
•Alfabet adalah hinpunan hingga (finite set) simbol-simbol

Operasi Dasar String
Diberikan dua string : x = abc, dan y = 123
•Prefik string w adalah string yang dihasilkan dari string w dengan menghilangkan nol atau lebih simbol-simbol paling belakang dari string w tersebut.
 adalah semua Prefix(x)Contoh : abc, ab, a, dan
•ProperPrefix string w adalah string yang dihasilkan dari string w dengan menghilangkan satu atau lebih simbol-simbol paling belakang dari string w tersebut.
 adalah semua ProperPrefix(x)Contoh : ab, a, dan
•Postfix (atau Sufix) string w adalah string yang dihasilkan dari string w dengan menghilangkan nol atau lebih simbol-simbol paling depan dari string w tersebut.
 adalah semua Postfix(x)Contoh : abc, bc, c, dan
•ProperPostfix (atau PoperSufix) string w adalah string yang dihasilkan dari string w dengan menghilangkan satu atau lebih simbol-simbol paling depan dari string w tersebut.
 adalah semua ProperPostfix(x)Contoh : bc, c, dan
•Head string w adalah simbol paling depan dari string w.
Contoh : a adalah Head(x)
30 Juli 2009 15.59

Anonim mengatakan...
Nama : KHOIRUN NISA'
NIM  : 120911077

Bahasa dan otomata merupakan bahasa Formal yaitu suatu kalimat dibentuk dengan menerapkan serangkaian aturan produksi pada sebuah
simbol ‘akar’. Proses penerapan aturan produksi dapat digambarkan sebagai suatu
diagram pohon.

Operasi Dasar String
ProperPostfix (atau PoperSufix) string wadalah string yang dihasilkan dari string wdengan menghilangkan satu atau lebih simbol-simbol paling depan dari string wtersebut.

 adalah semua ProperPostfix(x)Contoh : bc, c, dan

a.Head string w adalah simbol paling depan dari string w.
Contoh :a adalah Head(x)

b.Tail string w adalah string yang dihasilkan dari string wdengan menghilangkan simbol paling depan dari string w tersebut.
Contoh : bc adalah Tail(x)

c.Substring string wadalah string yang dihasilkan dari string wdengan menghilangkan nol atau lebih simbol-simbol paling depan dan/atau simbol-simbol paling belakang dari string wtersebut.
 adalah semua Substring(x)Contoh : abc, ab, bc, a, b,c, dan

Berkaitan dengan teori mesin abstrak, yaitu mesin sekuensial yang menerima input, dan
mengeluarkan output, dalam bentuk diskrit.
Contoh :
♦ Mesin Jaja / vending machine
♦ Kunci kombinasi
♦ Parser/compiler
Teori Otomata dan bahasa formal, berkaitan dalam hal :
♦ Pembangkitan kalimat/generation : menghasilkan semua kalimat dalam bahasa L
berdasarkan aturan yang dimilikinya
♦ Pengenalan kalimat / recognition : menentukan suatu string (kalimat) termasuk
sebagai salah satu anggota himpunan L.
31 Juli 2009 14.06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar